6 Penyebab Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

Bookmark and Share

6 Penyebab Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

 

Malam hari tentunya waktu untuk beristirahat setelah lelah menjalani berbagai macam jenis aktifitas sehari-hari, namun ketika mau tidur mungkin anda pernah melihat orang yang mengerat gigi mereka ketika tertidur dengan pulas.

Gerakan fungsional yang tidak normal seperti mengeratkan gigi rahang atas dan bawah sehingga mengeluarkan suara seperti gigi beradu pada waktu tidur, dalam istilah kedokteran gigi disebut bruxism.

Bruxism malam hari biasanya diketahui dari teman sekamar penderita atau dari orangtua pada penderita anak-anak. Bruxism dapat terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Bruksism yang terjadi pada anak-anak memiliki etiologi yang sama dengan bruksism yang terjadi pada orang dewasa.

Berikut ini ada beberapa 6 Penyebab Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur:

  • Tingginya tingkat kecemasan dan stres akibat pekerjaan atau permasalahan sehari-hari.
  • Adanya pola tidur yang mengganggu seperti mengorok.
  • Terdapat kelainan oklusi, susunan gigi rahang atas yang tidak rapi/baik sehingga menyebabkan kontak yang prematur.
  • Tingginya konsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, cola, cokelat.
  • Tingginya kadar alkohol dalam darah.
  • Kebiasaan merokok.

Bila proses bruxism ini dibiarkan, dapat terjadi pengasahan/keausan/hilangnya lapisan email di bagian dataran kunyah gigi yang akan menyebabkan bagian dentin sampai pulpa gigi terbuka, sehingga menimbulkan rasa ngilu/sakit. Bruxism juga dapat menyebabkan kelainan pada sendi pengunyahan.

Itulah beerapa 6 Penyebab Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur yang mungkin sering anda lakukan setiap hari, oleh karena itu hindarilah beberapa penyebab tersebut supaya mendapatkan kesehatan seutuhnya.

Baca Juga Artikel Kami Berikut Ini :

 

Bookmark and Share

Leave a Reply