Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Paling Ampuh

By | November 30, 2016

Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Paling Ampuh

Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Paling Ampuh

Masuk angin merupakan sebuah kondisi kesehatan yang paling umum dan gampang menyerang seseorang dengan tingkat daya tahan tubuh rendah. Saat seseorang sedang terlalu capek, pada banyak kasus tubuh akan sulit untuk membasmi infeksi yang berasal dari bakteri dan virus. Masuk angin kerap berujung pada flu dan batuk ditambah juga dengan sakit kepala, lalu adakah cara mengatasi masuk angin secara alami?

1. Kompres Hangat atau Dingin

Saat masuk angin, mengompres menggunakan air hangat atau air dingin akan sangat membantu dalam membuat gejala masuk angin lebih ringan. Cukup sediakan handuk tipis bersih yang kemudian Anda rendam di dalam air dingin atau air panas, lalu peras dan pakailah sebagai kompres. Kompreskan ke bagian ketiak atau kening dan maksimal waktu sekali pengompresan adalah 2 menit saja. Melakukan cara ini secara berulang kali dalam sehari akan memberikan efek yang maksimal bagi tubuh untuk cepat pulih. Masuk angin pun bisa teratasi dengan cukup cepat tanpa efek samping.

2. Mengonsumsi Salmon

Ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3 tak hanya bagus untuk kesehatan otak saja, asam lemak tersebut akan menolong tubuh yang sedang lemah. Tubuh yang cepat sakit dan lelah bisa diatasi dengan mengonsumsi ikan jenis ini. Mengonsumsinya sesering mungkin juga dapat mencegah peradangan tubuh.

Ini karena ikan salmon sangat berguna untuk dijadikan sebagai pencegah kelelahan dan penyakit flu. Daripada ikan salmon yang diternakkan, cobalah untuk mengonsumsi ikan salmon liar karena ternyata keduanya bisa memberikan efek dan manfaat yang berbeda. Ikan salmon liar malah terbilang lebih sehat dan lebih baik.

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Agar masuk angin cepat sembuh, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih yang akan memberikan Anda kehangatan. Menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskannya pada sekitar area bawah hidung dan juga area pelipis akan membuat tubuh menjadi jauh lebih enak dan nyaman.

Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih ini ke seluruh bagian tubuh Anda, termasuk juga leher, dada, perut dan punggung. Dengan cara ini, Anda akan merasakan bahwa tubuh lebih hangat di mana ini juga menjadi cara untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Lakukanlah berulang kali; ketika rasa panasnya sudah hilang, oleskan lagi minyak kayu putih ke area tubuh yang diinginkan.

4. Mengonsumsi Jus Stroberi

Buah stroberi mengandung vitamin C tinggi di mana memang salah satu khasiatnya adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh yang rendah. Oleh karena itu, minuman ini bermanfaat untuk mengatasi masalah masuk angin. Kandungan seng dan mineral magnesiumnya pun sangat tinggi sehingga dipercaya bisa meningkatkan tenaga pada tubuh.

Kalaupun ingin mengonsumsinya, konsumsilah buahnya secara langsung atau silakan membuat minuman jus. Hanya saja, lebih disarankan untuk tidak menambahkan gula maupun air. Ambil beberapa buah stroberi segar yang bisa dijadikan jus hingga 1 gelas penuh. Anda bisa mengonsumsinya serutin mungkin demi menyembuhkan masuk angin secara efektif.

5. Mengonsumsi Makanan Pedas

Konsumsilah makanan pedas selama Anda masuk angin, terutama Anda yang memang mencintai makanan-makanan pedas. Jenis makanan yang rasanya pedas bakal secara efektif juga meningkatkan kesehatan tubuh. Cabai dan lada adalah yang terbaik dan bisa ditambahkan langsung ke masakan apapun yang hendak Anda santap. Kedua bahan ini jugalah yang bisa menambah selera makan sekaligus menjadikan tubuh lebih kuat bertenaga.

6. Mengonsumsi Pisang

Dalam mengobati masuk angin, makanlah buah pisang yang juga berkadar vitamin C tinggi. Karena vitamin C-nya tinggi, buah berwarna kuning ini bakal mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kesehatan. Pisang jugalah yang merupakan buah pelawan infeksi dan peradangan, bahkan manfaatnya juga bisa menambah selera makan dan mengurangi rasa lapar sehingga perut pun akan terasa nyaman.

7. Makan Tiram

Konsumsilah tiram apabila Anda tidak mempunyai masalah alergi makanan laut. Ada kandungan mineral tinggi di dalam tiram, yakni magnesium serta seng yang akan mendukung kesehatan tubuh Anda. Dari kedua jenis mineral itu jugalah Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta energi.

Jika ingin lebih maksimal lagi dalam mengobati masuk angin Anda, makanlah masakan tiram yang memiliki rasa pedas. Bila memasak sendiri, tambahkan garam, lada, serta bawang putih di mana bahan-bahan ini mampu membuat selera makan bertambah sehingga tenaga yang sempat hilang pun bisa kembali lagi.

8. Mengonsumsi Sup Wortel dan Lobak

Untuk menyembuhkan masuk angin, selain dari sup ayam hangat, sup wortel dan lobak adalah yang terbaik juga. Pilihlah lobak putih karena aroma dan rasanya jauh lebih segar. Demi meningkatkan daya tahan tubuh, wortel juga akan turut memberikan manfaat besar bagi tubuh.

Ini berkat adanya kandungan beta-karoten di dalam sayur wortel sehingga mampu membasmi dan mencegah infeksi. Ingat bahwa penderita masuk angin jangan diremehkan karena sangat rentan terhadap infeksi di mana sistem imunitas tubuh yang lemah. Cobalah untuk makan sup ini dengan menambahkan lada dan bawang putih.

9. Mengonsumsi Sup Ayam

Saat masuk angin, tubuh Anda memerlukan makanan maupun minuman yang hangat supaya tubuh juga menjadi ikut hangat. Maka, sup ayam hangat bisa menjadi menu yang tepat karena santapan ini bakal menolong Anda untuk mengurangi infeksi serta menaikkan sistem daya tahan tubuh.

Jenis ayam yang Anda gunakan pun sebaiknya yang berjenis ayam kampung agar kaldu tulang bisa dihasilkan. Justru yang paling efektif dalam mengatasi peradangan di dalam tubuh adalah sup yang terbuat dari kaldu tulang. Bahkan sup ayam jugalah yang juga akan membantu Anda mengembalikan selera makan yang sempat hilang karena saking tak enak badan.

10. Mengonsumsi Susu Jahe

Konsumsilah minuman susu jahe yang sangat berguna dalam membantu tubuh lebih hangat dan segar. Meski ada efek samping jahe, jahe merupakan sebuah jenis rempah yang kaya akan antioksidan, seperti kaemferol. Bahan tersebutlah yang berfungsi sebagai pelawan infeksi pada tubuh serta efek jahat radikal bebas. Campurkan jahe dan susu dan minumlah rutin sampai badan terasa lebih baik.

11. Berjemur Setiap Pagi

Saat Anda masuk angin, berjemur setiap pagi akan memberikan tubuh Anda asupan vitamin D. Sinar matahari siang boleh dijauhi karena berbahaya bagi kulit, tapi sinar matahari pagi sangat menyehatkan dan mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Bahkan diketahui pula dengan berjemur setiap pagi peredaran darah akan menjadi jauh lebih lancar. Saat seluruh organ tubuh memperoleh suplai darah serta oksigen dengan kadar yang cukup, tubuh pun akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih. Saat imunitas tubuh tinggi, otomatis masuk angin pun akan cepat sembuh dan mencegah tubuh terkena penyakit.

12. Mengenakan Pakaian Hangat

Saat tengah masuk angin, Anda bisa merasakan kedinginan dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh adanya peningkatan suhu yang memicu tidak enak badan serta demam. Supaya hal ini dapat diminimalisir, Anda bisa senantiasa mengenakan pakaian hangat untuk mencegah kedua kondisi tersebut. Dengan pakaian hangat, suhu tubuh juga akan terjaga tetap stabil dan kekebalan tubuh juga ikut dapat dipertahankan.

13. Mandi/Berendam Air Hangat

Saat tubuh masuk angin, otomatis tubuh akan terasa kurang nyaman dan cepat lelah. Bahkan seluruh bagian sendi akan menjadi tak nyaman sehingga Anda butuh mandi air hangat untuk mengatasinya. Isilah bak mandi Anda dengan air panas di mana Anda bisa menggunakan airnya untuk mandi setelah lebih hangat.

Jika Anda memiliki bathtub, maka berendam di air hangat selama kurang lebih 15 menit akan membantu menjadikan tubuh jauh lebih baik. Jangan berendam lebih dari waktu yang dianjurkan karena terlalu lama justru malah membahayakan tubuh. Air hangat dan uapnyalah yang nantinya mendukung supaya keringat keluar dari tubuh.

14. Hindari Berkendara

Dalam mengatasi masuk angin, silakan ambil waktu untuk istirahat di rumah dan sementara waktu hindari dulu berkendara, baik itu dengan sepeda motor, kereta api, mobil, atau pesawat. Saat sedang masuk angin, Anda memerlukan pernapasan yang lebih baik dan berkendara hanyalah akan membuat tubuh jauh lebih lelah. Bahkan bila dipaksakan berkendara mampu berpotensi menyebabkan serangan jantung.

15. Minum Air Hangat

Bagi yang sedang masuk angin, mengonsumsi air hangat akan sangat menolong karena memang khasiat minum air hangat sendiri sangat banyak untuk tubuh dan kesehatan. Air putih hangat diyakini selalu bisa mengatasi keadaan tubuh yang tidak begitu nyaman. Air hangat juga diketahui dapat menolong sistem imun tubuh untuk membasmi infeksi.

Bahkan air putih yang hangat jugalah yang mampu mencegah datangnya penyakit lain ke dalam tubuh. Konsumsilah selama badan terasa tak enak disebabkan oleh masuk angin. Ketika tenggorokan pun sedang dalam kondisi yang buruk, minum air putih hangat akan membuatnya lebih nyaman. Sering-seringlah mengonsumsinya selama sakit agar lebih cepat pulih.

16. Berkumur Memakai Air Hangat

Ketidaknyamanan di bagian tenggorokan dan hidung mungkin dialami dan dirasakan oleh beberapa penderita masuk angin, jadi silakan Anda ambil air hangat. Berkumurlah menggunakan air hangat sering-sering untuk mencegah perkembangan virus maupun bakteri pada tenggorokan dan rongga mulut.

Basmilah virus atau bakteri dengan cara sederhana ini dan dengan demikian, masuk angin akan otoamtis tercegah untuk berkembang menjadi radang tenggorokan dan flu. Sediakan air hangat yang kemudian ditambahkan dengan garam serta madu secukupnya di mana bahan-bahan ini akan mampu membuat seluruh bagian mulut jauh lebih bersih juga.

Nah itulan sejumlah paling jitu yang ampuh mengoabti masuk angin secara alami, dan cara tersebut tentunya sangat aman di lakukan jadi untuk itu, bagi anda yang memiliki masalah dengan masuk angin dapat lakukan salah satu cara di atas untuk mengobatinya.

Sekian inforamsi yang dapat kami sampiakan mudah-mudahan bermanfaat, salam sehat untuk seluruh keluarga Indonesia dari kami Toko Zahra Herbal.

Untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya, simak terus informasinya di apotekherbals.com

Baca Juga Artikel Lainnya :

Bahaya Sering Mengkonsumsi Nasi Secara Berlebihan

Musim Hujan Dapat Memicu Berbagai Penyakit

Home :

Apotek Herbals

2 thoughts on “Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Paling Ampuh

  1. Pingback: Inilah Alasan Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktifitas | OBAT ANAK YANG AMAN DAN AMPUH

  2. Pingback: Sering Menguap Bisa Jadi Tanda Gangguan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *